November 15, 2021

SMK Ma’arif 2 Sleman berdiri sejak tahun 1989 sampai dengan sekarang + 31 th. mengalami banyak perubahan mulai dari nama, status sekolah dan penambahan jurusan.

  • Dari SPG NU (1968 – 1989) alih fungsi menjadi SMKK NU, SMK Pariwisata, SMK Ma’arif 2 Sleman (1989-2020).
  • Dari status tercatat, diakui, disamakan, terakreditasi A.
  • Dulu satu jurusan Tata Busana, sekarang menjadi Tata Busana, Tata Boga & TKR Otomotif
  • Kelulusan setiap tahun hampir selalu 100%

Menghadapi era global, SMK Ma’arif 2 Sleman menyiapkan siswa dengan membekali keterampilan yang cukup menggunakan peralatan yang mengacu pada IDUKA dan mendidik kader-kader yang punya jiwa wirausaha handal serta keyakinan iman dan taqwa yang kuat dan mandiri.

Lulusan SMK Ma’arif 2 Sleman banyak terserap di IDUKA yang relevan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, mandiri, maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, serta mempunyai BKK yang menjalin Kerjasama dengan IDUKA, baik di Kabupaten Sleman maupun di luar Sleman dan PJTKI yang sudah berbadan hukum. Untuk siswa jurusan Tata Boga  melaksanakan Prakerin dalam dan ke luar negeri selama 6 bulan. Bagi alumni yang memenuhi syarat dapat menerima bantuan modal (peralatan) dari pemerintah untuk membuka usaha sendiri dalam bentuk kelompok. Dari perkembangan SMK, Tahun Pelajaran 2013/2014 diberikan ijin dari Dinas menambah jurusan alternatif (Teknik Kendaraan Ringan). PPDB tahun pelajaran 2020/2021 diberi ijin menerima siswa baru 2 Rombel Tata Busana, 2 Rombel Tata Boga, 3 Rombel TKR Otomotif, sehingga total penerimaan siswa baru kelas X ada 7 rombongan belajar.

Dari program kejuruan telah dilengkapi pula mini factory dengan mesin-mesin garment mutakhir untuk tata busana, dan TEFA (Teaching Factory) untuk Tata Boga. Tak segan-segan sekolah selalu mohon bantuan masukan bentuk apapun dari semua pihak terkait demi kemajuan. Insya Allah sekolah tetap bertanggung jawab. Aamiin.

1,457 Comments